Meditasi Berjalan

Sebagai bagian dari meditasi duduk dan alasannya.

Pertanyaan murid: Banyak referensi mengenai meditasi berjalan tetapi tidak ada instruksi yang tepat. Dapatkah anda menjelaskannya ?

Jawaban: Tentu saja.
“… Sewaktu kita melatih TWIM ( Tranquil Wisdom Insight Meditation), kita selalu menganggap MEDITASI BERJALAN adalah bagian dari melatih meditasi dalam kehidupan kita sehari-hari… “

Meditasi berjalan dilakukan agar darah berjalan dengan lancar, membuat badan menjadi sehat, terutama menjaga agar kaki anda tidaklah pegal yang mengakibatkan sumbatan. Kita berlatih demikian supaya tetap sehat dan bahagia sehingga anda bisa duduk lebih lama dan mengalami meditasi yang dalam tanpa melukai diri sendiri.

Anda mungkin pernah mendengarnya di masa lalu, instruksi retreat meditasi Vipassana yang sangat berbeda. Orang melakukan meditasi berjalan dengan SANGAT lambat di retreat tersebut yang menekankan perhatian pada gerakan-gerakan di kaki. Bhante Vimalaramsi mulanya dilatih seperti ini di Burma (Myanmar). Beliau berjalan lebih dari 45 menit untuk berjalan melintasi 1 ruangan saat melakukan gerakan yang sangat lambat itu karena beliau mencoba untuk memperhatikannya. Hal yang cukup berarti dengan cara yang khusus. Metode ini digunakan untuk memperhatikan gerakan-gerakan masing-masing menuju satu langkah dan bagian dari pergerakan; satu gerakan muncul dan tenggelam sebagai sesuatu yang TIDAK KEKAL (anicca).

TETAPI, pertanyaannya adalah, apa yang kita pelajari sewaktu berlatih dalam sutta yang menggunakan cara ini dan bagaimana hal ini bisa membantu meditasi ?

Saat anda mengikuti pelatihan ini, anda akan mulai menyadari bahwa instruksi meditasi memiliki niat untuk membantu para praktisi meditasi supaya dapat melihat proses tanpa diri dari Paticca Samuppada dan bagaimana hal ini mengubah persepsi kita pada dunia saat kita belajar dengan lebih jelas. Kemudian anda memikirkan nilai dari memperhatikan pergerakan yang jumlahnya ribuan dari tiap langkah yang dilakukan dengan sangat perlahan.

Yang paling penting dari meditasi berjalan adalah “berjalan” membuat sirkulasi di badan menjadi lebih sehat untuk kaki anda dan posisi duduk. Meditasi berjalan membantu anda supaya bisa duduk lebih lama sehingga anda bisa melihat apa yang terjadi. Sangatlah jelas.

Di Pusat meditasi Dhamma Sukha, latihan Tranquil Wisdom Insight Meditation (TWIM), dengan objek meditasi apapun yang dilakukan (baik Pernafasan / Cinta Kasih), kami tidak membunyikan bel untuk memulai / memberhentikan meditasi anda. Tidak ada gangguan apapun sepanjang hari. Karena di hutan, tidak ada bel. Disini semua orang duduk bersama di pagi hari dan kadang-kadang juga duduk bersama setelah makan siang dan waktu istirahat. Orang boleh duduk selama mereka mampu.

Setelah duduk, mereka kemudian melakukan meditasi berjalan / jalan di jalan setapak di hutan sampai 45 menit. Mmereka terus memancarkan METTA / cinta kasih setiap saat atau dengan ringan mengikuti nafas sewaktu mata mereka melihat ke tanah di depan mereka, sekitar 1-1.5 meter ke depan. Mereka berjalan dengan langkah yang normal, tanpa tergesa-gesa, BUKAN PERLAHAN.
Setelah berjalan, mereka boleh duduk dimanapun mereka mau; mungkin di bawah pohon / di dalam tenda atau di kuti kalau udara sangat panas dengan menggunakan AC / duduk di kursi di alam terbuka / di ruang Dhamma hall. Lamanya duduk tergantung dari setiap orang dan dengan kedalaman tingkat perkembangan meditasi masing-masing.

Inilah yang membedakan meditasi berjalan berbeda dari Retreat grup Vipassana.
Dikatakan, apapun yang muncul, pasti lenyap. Saya berharap memperhatikan di setiap sesi meditasi bagaimana perhatian pikiran berpindah dan apapun yang muncul pasti lenyap tanpa ANDA harus melakukan apapun, hanya MENGAMATI.

Jadi selama melakukan meditasi berjalan, sangatlah penting agar peredaran darah mengalir dengan lancar saat anda ada dalam retreat berhari-hari untuk duduk dan berjalan. Semakin lama anda duduk, semakin lama anda harus berjalan, tidak boleh lebih dari 45 menit sebelum meneruskan duduk.

Jadi inilah sebabnya kita lakukan cara yang alami dari berjalan yang meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot.

Apa yang kita lakukan dengan pikiran kita dalam situasi ini waktu kita berjalan dengan lebih alami selalu meneruskan meditasi duduk, melakukannya terus menerus dengan memancarkan cinta kasih dan menenangkan atau menggunakan nafas dan menenangkan; TERSENYUM, sambil MEMPERHATIKAN PERGERAKAN PERHATIAN PIKIRAN DARI SATU SAAT KE SAAT BERIKUTNYA. Saat seseorang berjalan, mereka terus tinggal bersama objek meditasinya; observasi itu sendiri. Dengan cara ini, murid terus bermeditasi tanpa berhenti.

Inilah yang kita pikirkan tentang MEDITASI BERJALAN
Sebagai bagian dari langkap pertama menyatukan latihan meditasi dalam kehidupan sehari-hari

T: Jadi bagaimana melakukannya ?
J: Karena sekarang anda berjalan dan terus memperhatikan pergerakan pikiran bukanlah dengan diri anda seperti yang anda dulunya mungkin berpikir. Anda menemukan bahwa anda dapat berjalan ke mobil, membuka pinta, berjalan untuk mengambil air di kantor, atau melakukan apapun yang biasanya dilakukan oleh pikiran. Tetapi sekarang perhatian pikiran menjadi bagian masa kini dan tehnik observasi diteruskan setiap saat.

Dengan perlahan, kemampuan anda untuk hidup di masa kini makin meningkat, kamu akan dapat MENGENALI bagaimana Perhatian pikiran bisa keluar dari apa yang sedang anda lakukan dan, saat ini terjadi, LEPASKAN gangguan-gangguan yang muncul, RILEKSKAN badan dan pikiran, mulailah dengan TERSENYUM dan KEMBALI pada apapun yang anda kerjakan dan kemudian teruskan ! Kemudian kehidupan menjadi lebih ringan dan anda merasakan jauh lebih baik akan apapun yang terjadi di seputar anda.

Sebagai ringkasannya, meditasi berjalan membantu anda mengalami bagaiman latihan meditasi ini dapat disatukan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah langkah pertama anda menjalankan meditasinya setiap saat

Kehidupan akan menjadi lebih ringan dan kita lebih bahagia bisa meteruskannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, meditasi berjalan yang dilakukan disini adalah bagian dari meditasi duduk yang terus melanjutkan tehnik observasi dari pergerakan pikiran sambil melancarkan sirkulasi dengan cara yang sehat sehingga anda bisa teruskan duduk dan mengobservasi.

Kami harapkan hal ini membantu anda untuk mengerti perbedaan bagaimana kita melakukan meditasi berjalan dan mengapa kita melakukannya dengan cara ini.

Metta dan tersenyum pada anda disana,
Rev. Sister Khema
Dhamma Sukha Meditation Center.
Tradisi Buddhis Hutan Amerika
Annapolis, MO-USA